Sharing Economy

sharing-economy-622x415

Hello world!

Kalian tahu gak apa itu sharing economy? Menurut The financial times sharing economy adalah a disruptive economic form that unleashes new sources of supply atau kalau terjemahannya, suatu bentuk ekonomi yang disruptif yang melepaskan sumber-sumber suplai baru. Sharing Economy juga bisa didefinisikan sebagai konsep bisnis yang dapat memberikan akses kepada sumber daya yang dimiliki orang atau perusahaan untuk dikonsumsi atau dimanfaatkan bersama dengan pengguna atau orang lain.

Jadi, sharing economy yaitu kita bisa berbagi atau meminjamkan barang ataupun sumber daya yang kita punya kepada orang lain. Contohnya AirBnB, ia merupakan salah satu startup yang membentuk sharing economy. AirBnB memfasilitasi setiap pengguna apabila ia memiliki kamar atau rumah yang tidak terpakai untuk disewakan kepada pendatang. Misalnya kita datang ke sebuah kota, lalu kita bingung harus tinggal dimana, kita bisa mencarinya lewat AirBnB ini, karena disini menawarkan kebutuhan tempat tinggal yang nyaman. Jadi, AirBnB sebagai start up bekerjasama dengan pemilik kamar atau rumah tersebut dan mereka akan berbagi hasil.

Contoh sederhana dari sharing economy seperti penyewaan papan selancar di pantai-pantai. Daripada kita harus membeli dan membawanya, lebih baik kita menyewa di penyewaan. Model sharing economy, membutuhkan partisipasi dari para pemain yang terlibat dalam ekosistem untuk berbagi peran masing-masing dan memberdayakan aset yang menganggur.

Di era digital ini, internet dan telekomunikasi semakin berkembang. Model sharing economy banyak dikembangkan dalam bentuk aplikasi dan web yang lebih mudah dijangkau. Misalnya seperti tokopedia, gojek, grab dan lainnya. Ada tim yang mengembangkan teknologi berupa perangkat lunak (aplikasi) lalu daripada mereka mempekerjakan sopir dan harus menggajinya, maka mereka memilih untuk menjalin kerjasama dengan individu yang bisa menyetir dan butuh pekerjaan. Pada dasarnya konsep sharing economy yaitu lebih pada hal menghubungkan banyak orang untuk saling berbagi.

Terima Kasih;)

References: http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160329152224-185-120288/sharing-economy-berbagi-aset-dan-keuntungan/

http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160329115230-185-120213/kebangkitan-sharing-economy-di-indonesia/

https://koinworks.com/blog/tentang-sharing-economy-apa-dan-bagaimana/\

http://www.ziliun.com/articlesudah-waktunya-lo-ngerti-tentang-sharing-economy/

 

-Ariqa Radhwa-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *