Regulasi Presensi Minimal

Hello world!

Sekarang aku akan bahas opini aku mengenai regulasi presensi minimal di Telkom University. Jadi, perkuliahan itu beda banget sama SMA. Kalau SMA kita gapunya jatah buat gamasuk kelas, tapi di Telkom kita diwajibkan untuk mengikuti perkuliahan 100%, tetapi kita memiliki jatah untuk tidak hadir ke kelas apabila kita memiliki kepentingan mendadak seperti sakit, dispen, musibah dan hal mendesak lainnya. Yang aku tahu, kalau mata kuliah yang 2 sks kita memiliki 3x jatah tidak hadir ke kelas.

Di Telkom University memiliki peraturan apabila ingin mengikuti UAS presensi minimalnya harus 75% apabila presensi kita kurang dari 75% maka nilai UASnya 0. Menurut aku, peraturan seperti ini bagus dan cukup untuk mahasiswa jika memang ada kebutuhan mendesak.Karena kita juga harus bertanggung jawab atas apa yang udah kita jalanin seperti kuliah ini. Dari peraturan ini juga bisa melatih kedisiplinan kita, karena kedepannya kedisiplinan ini akan selalu dipakai.

Presensi ini sendiri ada 4 kategori yaitu, hadir, izin, alfa dan sakit. Menurut aku, baiknya kalau kita udah izin ke dosen dengan alasan sakit atau ada kepentingan mendesak, persentase-nya jangan dikurangin. Karena pengalaman aku selama 2 semester di Telkom ini, aku udah izin ke dosen tapi persentase kehadiran di iGraciasnya berkurang. Tetapi kalau sakit persentasenya masih tetap dan tidak berkurang.

Semoga kedepannya Telkom bisa bijak lagi dan mempertimbangkan tentang perizinan ini.

Terima Kasih 🙂

 

-Ariqa Radhwa-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *